Breaking News
recent
 photo banner KT OK 776_zpsmmnply2d.png

Arti Lambang Karang Taruna


Lambang Karang Taruna mengandung Unsur :
Sekuntum bunga Teratai yang mulai mekar yang melambangkan insan remaja yang dijiwai semangat  kemasyarakatan (sosial). Empat helai daun bunga di bagian bawah melambangkan keempat fungsi Karang Taruna.

Dua helai pita yang terpampang di bagian atas dan bawah. Pita di bagian atas terdapat tulisan "ADHITYA KARYA MAHATVA YODHA" ("ADHITYA" berarti cerdas dan penuh pengetahuan; "KARYA" berarti pekerjaan; "MAHATVA" berarti terhormat dan berbudi luhur; dan "YODHA" berarti pejuang atau patriot). Jadi, secara keseluruhan berarti pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan, dan terampil. Di bagian bawah bertuliskan "KARANG TARUNA INDONESIA" ("KARANG" berarti pekarangan, halaman, atau tempat; "TARUNA" berarti remaja; "INDONESIA" berarti Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jadi, "KARANG TARUNA INDONESIA" berarti tempat atau wadah pengembangan remaja Idonesia;

Sebuah lingkaran dengan bunga Teratai mekar dengan tujuh helai daun bunga sebagai latar belakang, yang melambangkan Tujuh Unsur Kepribadian yang harus dimiliki Warga Karang Taruna Indonesia:
- Taat : takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa'
- Tanggap : penuh perhatian dan peka terhadap masalah;
- Tanggon : kuat daya tahan fisik dan mental;
- Tandas : tegas, pasti, tidak ragu, dan penuh pendirian;
- Tangkas : sigap, gesit, cepat bergerak, dan dinamis;
- Terampil : mampu berkreasi, dan berkarya praktis;
- Tulus : sederhana, ikhlas, rela memberi,dan jujur;

Lingkaran mengandung arti sebagai lambang ketahanan nasional yang berfungsi sebagai tameng/perisai. Bunga mekar yang berdaun lima helai melambangkan lingkaran kehidupan masyarakat yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila;

Arti warna yang terdapat pada lambang sebagai berikut :
1. Putih : kesucian, tidak tercela, dan tidak bernoda;
2. Merah : keberanian, sabar, tenang, dan dapat mengendalikan diri, dan tekad pantang mundur.
3. Kuning : keagungan dan keluhuran budi pekerti;

Jadi, secara keseluruhan lambang KT Indonesia berarti tekad insan remaja (WKT Indonesia) untuk mengembangkan dirinya menjadi patriot/pejuang yang berkepribadian, cerdas, dan terampil agar mampu ikut secara aktif dalam pembangunan untuk menciptakan masyarakat ayang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
sedyo_utomo

sedyo_utomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.